Rabu, 18 Agustus 2010

Pengertian Hardware



Bismillahirrahmanirrahim...
Hardware atau Perangkat keras adalah peralatan fisik dari komputer yang bisa kita lihat, kita sentuh, maupun dipindahkan serta memiliki fungsi tertentu.

Berdasarkan fungsinya, hardware komputer dibagi menjadi :
1. Input Device (Unit Masukan)
2. Process Device (Unit Pemrosesan)
3. Output Device (Unit Keluaran)
4. Backing Storage (Unit Penyimpanan)
5. Periferal (Unit Tambahan)


Input Device
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukan data dari luar ke dalam suatu memory dan processor komputer untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Unit masukan yang umumnya digunakan dalam Personal Computer (PC), antara lain : Keyboard, Mouse, Light Pen, Joystick, Scanner, Microphone dan sebagainya.

Process Device
Unit pemrosesan ini merupakan otak dari sebuah komputer, dan biasa disebut Central Processing Unit (CPU). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan.

Output Device
Unit Ini berfungsi sebagai media untuk menghasilkan keluaran, baik itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor/LCD (softcopy) maupun keluaran berupa suara, Contohnya Printer, Plotter, Monitor/LCD, dan Speaker.

Backing Storage

Unit ini berfungsi untuk menyimpan data di luar komputer itu sendiri, namun tetap dapat di akses olehnya. Ada beberapa storage yang sifatnya portable, misalnya : Hard Disk External 2,5" dan 3,5", SSD (Solid State Disk) berupa Flashdisk, MicroSD, MMC (Multi Media Card), CD, DVD. Namun demikian ada juga jenis storage yang dibiarkan tersambung pada komputer setiap saat
, contohnya HDD (Hard Disk Drive).

Periferal

Merupakan alat yang dapat ditambahkan pada satu unit komputer. Karena bersifat tambahan maka tanpa periferal ini, komputer tetap dapat berfungsi seperti biasanya. Berikut ini beberapa contoh periferal antara lain: TV Tuner, Radio Tuner, Modem, LAN Card, Sound Card, Webcam, dll.

Bagi Yang Memerlukan Silakan Copy, Semoga Bermanfaat ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar